Komunikasi Data | Keragaman Komunikasi
Macam-Macam Audio
- Audio visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.
- Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men- download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kitadapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
- Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
- Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
- Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
- Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth
- Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
- Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio
Prinsip-prinsip komunikasi audio
Mengingat komunikasi audio merupakan komunikasi verbal yang diucapkan, maka prinsip penggunaan bahasa sama dengan prinsip-prinsip komunikasi audio.
Prinsip Komunikasi Audio adalah sebagai berikut:
- Kata-kata adalah simbol dari hal-hal nyata tetapi bukan hal-hal itu sendiri.
- Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata.
- Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri.
- Hindari orientasi yang bersifat kaku
Media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.
- Telepon, adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal yang banyak digunakan dalam lingkup kantor
- Radio, Sistem Radio (Gelombang Analog Audio) satu arah dengan jarak jauh, pada sistem ini bentuk data berupa suara.
- Untuk mengubah suara menjadi signal listrik dengan Frequensi Suara menggunakan peralatan yang disebut mirophone.
- Signal listrik yang dibangkitkan tersebut masih lemah, untuk itu perlu diperkuat dengan menggunakan amplifier.
- Signal suara kemudian dicampur dengan frequensi pembawa (Modulasi).
- Signal modulasi kemudian disalurkan mela-lui kabel Coaxial ke antena lalu dipancarkan.
- Signal modulasi yang dipancarkan, kemudian diterima oleh antena penerima dan disalurkan ke penguat.
- Setelah itu, kemudian signal modulasi dide-modulasi (signal suara dipisah dari signal pembawa).
- Signal suara yang sudah terpisah dari signal pembawa, kemudian diperkuat oleh penguata (amplifier).
- Setelah itu, dirubah menjadi suara oleh perlatan yang namanya Loudspeaker.
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan
dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
Macam-Macam Video
1. Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.
- Kategori pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan. Pemancaran seperti ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman.
- Kategori kedua adalah video berdasarkan permintaan, jadi hanya satu pengguna yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan dalam IP unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan di server.
- Kategori ke tiga adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna. Ini adalah tipe video paling kompleks, dan dibutuhkan baik transmisi IP unicast bahkan di beberapa kasus multicast tergantung skenarionya masing-masing.
- Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.
- Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
- Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.
- Video CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal video untuk penghematan bandwidth
- Video Controller : melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.
- Camera & monitor : merupakan perangkat input/output dalam sistem video
bisa mengirim dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapa pun dengan cepat. Contoh : seperti televisi/TV, misalkan ada sebuah acara berita atau NEWS, yang menyampaikan hasil informasi yang mereka dapatkan, dan dapat diberitahukan kepada siapapun secara visual atau video, dengan menggunakan media komunikasi video. Manfaat komunikasi video
Manfaat dari komunikasi video dapat ditemukan dalam industri yang berbeda , seperti militer , pendidikan , kesehatan ( telemedicine ) , administrasi , masyarakat , pendidikan profesional , perpustakaan dan materi pelajaran tertentu .
Dengan berkembangnya zaman, sekarang media komunikasi video bisa juga kita gunakan dengan koneksi internet yang tersedia saat ini, misalakan kita ingin chating dengan menggunakan video call, kita bias menggunakan vasilitas video call yang tersedia banyak di internet, misalnya Skype, dengan menggunakan ini anda bisa melakukan dan menghubungi siapapun untuk berkomunikasi dengan anda dengan menggunakan media komunikasi video.
Video striming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan client-server dalam melakukan permintaan (request) untuk dikirimi data dalam hal ini materi yang bersifat multimedia (audio, video). Materi (content) dari operator atau penyedia jasa layanan memasang materinya kedalam aplikasi- aplikasi layanannya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna. Materi ini dapat berupa file audio video yang bersifat real time artinya kejadiannya berlangsung juga saat diakses seperti kondisi lalu lintas di jalan raya yang telah dipasang kamera dan dipancarkan ke kantor operator yang kemudian diakses oleh pengguna. Aplikasi ini merupakan teknologi terkini yang diusung oleh sebuah handphone. Dengan adanya layanan yang diberikan oleh operator seluler, informasi yang sifatnya real time dapat kita peroleh semisal berita dari televisi atau bahkan kondisi lalu lintas di tempat-tempat tertentu. Aplikasi ini merupakan gambaran teknologi seluler yang orang terkadang menyebutnya dengan teknologi 2,5G. Video streaming merupakan layanan multimedia yang dapat diakses oleh pengguna handphone dengan teknologi komunikasi data bergerak.
Contoh komunikasi Audio Video
- Film
- Video
- Televisi (TV)
Televisi adalah sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel dan ruang. Dewasa ini televisi yang dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan dengan mudah dapat dijangkau melalui siaran dari udara ke udara dan dapat dihubungkan melalui satelit. Televisi pendidikan adalah penggunaan program video yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya. Televisi pendidikan tidak hanya menghibur, tetapi lebih penting adalah mendidik.
Beberapa manfaat alat bantu audio video adalah:
- Membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar;
- Mendorong minat;
- Meningkatkan pengertian yang lebih baik;
- Melengkapi sumber belajar yang lain;
- Menambah variasi metode mengajar;
- Menghemat waktu;
- Meningkatkan keingintahuan intelektual;
- Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu;
- Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama;
- Dapat memberikan konsep baru dari sesuatu diluar pengalaman biasa.
Karakteristik atau ciri-ciri utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut:
- Biasanya bersifat linier;
- Biasanya menyajikan visual yang dinamis;
- Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya;
- Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
- Persyaratan Terjadinya Komunikasi Audio
Syarat untuk terjadinya sebuah komunikasi audio video adalah harus dapat dilihat sekaligus didengar jadi untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran.
Teknologi komunikasi terkini membuat penyatuan keunggulan dan menutup kekurangan produksi film dan video. High- definition video (HDV) mampu merekam gambar hampir sama dengan film, sedangkan film mengakomodasi modus perekaman gambar secara elektronik. Proses konvergensi (penyatuan) ini melahirkan medium visual hybrid antara format film dan video. Iklan, direkam dalam format film, lalu ditransfer ke videotape, kemudian ke proses video. Pada film bioskup, special effects dibuat secara elektronik dan kemudian ditrasfer ke film. Pembuatan special effects sendiri dengan computer termasuk proses digitalisasi film dengan mentransfer per film frame dan mengkonversi ke pola pixels. Proses selanjutnya adalah digitalisasi khususnya untuk tata suara pada film dan video. Dalam hal ini diperlukan software dan multiplayer sound tracks.
Konvergensi dan perkembangan teknologi media audiovideo membawa dampak:
- perluasan ragam produksi program video, pemanfaatan modus distribusi televisi siaran, televise kabel, televisi satelit, dan internet,
- meluasnya penggunaan video ke berbagai kehidupan, misalnya: kedokteran, pendidikan, industri, penegakan hukum, dan sebagainya,
- munculnya peluang karier di bidang video,
- media audio, grafis, dan audiovisual telah bertransformasi dengan sinyal digital melalui WiFi, WiMax, atau dengan sistem distribusi nirkabel lainnya.
- mendorong perubahan dalam sistem produksi media, konsep-konsep dan teori-teori, teknologi dan sistem distribusi, dan sistem ekonomi dan cara menghasilkan keuntungan,
- terjadinya perubahan sistem dan jenis penyimpanan video, audio, dan data (digital), munculnya perkembangan permainan digital (games) melalui internet.
Streaming video melalui internet juga akan ditingkatkan kualitasnya.
Jika seseorang melihat film atau video, seolah-olah orang tersebut mengalami sendiri. Komunikasi video menggunakan bahasa visual, bahasa yang memiliki kaidah seperti tatabahasa tulis. Image dapat diibaratkan sebagai suatu kata, sebuah shot seperti kalimat lengkap, sedangkan adegan (scene) adalah sebuah alinea, dan sekuen seperti bab. Bahasa visual dalam vodeo mempunyai kekuatan sosial yang sangat penting, karena akan menyampaikan pesan kepada khalayak.
Pada tingkatan dasar, video memiliki tatabahasa yang setara dengan subyek, kata kerja, predikat, atau aturan waktu. Pada tingkatan yang lebih tinggi, video memiliki semacamg kesusasteraannya sendiri, yang merupakan teknik untuk menciptakan cara berekspresi yang spesifik: komposisi dan gerak kamera, kontinuitas gambar, dan pengendalian ritme program video.
Untuk memberikan makna pada konten film diperlukan kombinasi dari: penggunaan perangkat teknik dan penyelarasan dengan suara dan nilai-nilai kultur atau norma dan konvensi yang berkaitan dengan aksi, peristiwa, dan adegan yang ada dalam film tersebut.
Tiga proses yang menentukan bahasa audiovideo:
- Overlapping practices (aktivitas yang saling tumpang tindih). Hal ini terjadi saat pengolahan data digital dengan komputer.
- Memudarnya batas-batas konseptual mengenai potensi makna. Hal ini dikarenakan berubahnya pola distribusi film: penerapan siaran televisi digital, home cinema, home theater. Ini dapat memunculkan sistem berlangganan, pay-as-you-go, film/video-on-demand,
- Munculnya berbagai hybrid practices yang baru. Orang tidak sekedar menonton, tapi dengan perangkat yang ada orang tersebut dapat melakukan interaktif, bahkan mengendalikan keadaan.
Sedangkan data didefinisikan sebagai suatu fakta (keterangan) di masa yang lalu dari suatu kejadian (action), benda dan lain-lain yang dapat berbentuk suara (Audio), gambar (Video) atau karakter (Digital). Selain pengertian komunikasi dan data, perlu juga diuraikan definisi infromasi dimana informasi sebagai suatu hasil pengolahan data yang dapat dipergunakan untuk suatu kegiatan (action) saat ini, atau di masa yang akan datang. Informasi ini sudah membentuk suatu struktur data yang dapat memberi suatu keterangan yang lengkap dari data tersebut, sehingga apabila ada data yang hilang maka informasi akan menjadi salah.
Perbedaan antara Data dan Informasi adalah waktu kegunaan keterangan dan strukturnya, untuk Data belum dapat digunakan untuk action pada hari ini maupun yang akan datang dan bentuk strukturnya terdiri dari abjad, symbol, tanda, dan seterusnya, yang membentuk suatu kata, perintah, nama benda dst. Sedangkan untuk Informasi dapat digunakan untuk menunjang suatu kegiatan (Action) sehari-hari saat ini maupun mendatang dan Informasi merupakan susunan dari data (struktur data) yang lengkap dimana struktur data tersebut dapat memberikan suatu keterangan secara lengkap yang dapat digunakan untuk melakukan suatu kegiatan (action). Komunikasi data adalah Transmisi data elektronik melalui beberapa media (Electronic Data Interchange). Media tersebut dapat berupa media kabel ataupun wireless. Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data disebut Jaringan Komunikasi Data.
Definisi Komunikasi Data adalah sustu system yang dipergunakan untuk pengiriman pesan dalam hal ini berbentuk data, pesan tersebut merupakan pesan yang dikirimkan melalui suatu media trasnmisi.
Jadi komunikasi data merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media Komunikasi Data.
Materi komunikasi data hanya membatasi diri pada pembahasan 2 lapis yang terbawah pada model OSI, yaitu physical layer dan data-link layer atau network access layer pada model TCP/IP.
Komponen Komunikasi Data
Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bias berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi. Tanpa protocol, dua alat atau lebih mungkin saja bisa saling terhubung tetapi tidak dapat saling berkomunikasi, sehingga message yang dikirim tidak dapat diterima oleh alat yang dituju.
Elemen Sistem Komunikasi Data
- Source (sumber : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh : PC (Personal Computer)
- Transmitter (Pengirim) : Data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter menyalurkan, mengkonversi dan menandai informasi sehingga dapat
- ditransmisikan melewati sistem transmisi. Contoh : modem, tugasnya menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sudah dipersiapkan (Mis : PC) dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi melalui jaringan telepon.
- Transmission System (Sistem Transmisi) : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination (tujuan)
- Receiver (Penerima) : Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya kedalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. ( contoh : sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan/ jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream).
- Destination (Tujuan) : Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.
Media yang terpandu
- Kabel Twisted Pair: Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.
- Kabel Coaxial: Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus.
- Optical fiber: Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal.
- Wireless: Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran sinyal elektromagnetik.
Isyarat analog bisa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog, yaitu amplitude dan frekuensi. Jika dikaitkan dengan suara, ketinggian gelombang ditentukan oleh amplitudo, yang menentukan keras tidaknya suara, sedangkan frekuensi menentukan jumlah siklus gelombang dalam satu detik, yang berimplikasi pada kenyaringan suara (melengking atau tidak).
Isyarat analog biasa dinyatakan dengn gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis Fourier, suatu isyarat analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.
Bentuk Sistem Komunikasi Data
- Off-line communication system
- On-line communication System
- Remote job entry System
- Realtime system
- Time Sharing System
- Client Server System
- Distributed Data Processing System
- Memberikan informasi kepada orang yang tepat dengan tepat waktu
- Memberikan informasi/ data terbaru (up-todate)
- Memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berbeda dapat saling berkomunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar