Jumat, 06 September 2019

Cara Konfigurasi FTP


Haiii....balik lagi nih sama saya Suci Amelia, disini saya masih bahas mengenai Windows Server 2012 R2, postingan ini yaitu lanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu cara instalasi FTP server

Kali ini saya akan memberitahu bagaimana Cara konfigurasi FTP Server pada windows server 2012. Yuk langsung aja disimak...

Disini saya menggunakan Virtualbox, jika kalian menggunakan Virtualbox maka ubah adapternya menjadi "Bridged Adapter" agar kita bisa mengatur ip secara manual


Pertama tama atur IP server terlebih dahulu, atur sesuai IP yang sudah dibuat untuk server.



Kemudian atur IP pada client, untuk DNS servernya gunakan IP server



Kemudian kita membuat host baru untuk mengakses web server, caranya klik Tools => DNS


Kemudian kita akan masuk ke DNS manager lalu pilih nama domain yang sudah kita buat, caranya yaitu klik nama pc kita => forward lookup zones => nama domain => klik kanan lalu pilih "New host...."



Kemudian akan muncul window seperti ini, lalu masukkan nama client dan ip address yang akan di konfigurasi, untuk namanya harus "ftp" karena ftp merupakan protokol untuk mengakses ftp tersebut, dan untuk IP address isikan IP server yang sudah kita atur sebelumnya. Setelah itu klik Add Host




Jika sudah selesai maka akan mubcul host baru yang kita buat pada file domain, seperti gambar tampilan dibawah ini





Selanjutnya kita akan menegtes/ verifikasi host yang barusan dibuat apakah bisa terkoneksi dengan client atau tidak. Kita lakukan dengan cara ping ke www dan ftp yang sudah kita buat tadi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar